. Blackberry_me: Tips menjaga Battery BlackBerry
Subscribe

Powered By

Free XML Skins for Blogger

Powered by Blogger

Thursday, March 24, 2011

Tips menjaga Battery BlackBerry

Lithium-ion “Li-ion” Battery

Ada dua jenis baterai yaitu Nickel-metal hydride (NiMH) dan Lithium-ion (Li-ion) dipasaran. RIM pernah menggunkan NiMH baterai buat BlackBerry Device namum sekarang semua sudah memakai jenis baterai Li-ion. Kami hanya membahas cara menjaga power baterai Li-ion.

Banyak user bingung dan salah mengerti bahwa power baterai harus di kosongkan sebelum di charge. Itu salah karena Lithium-Ion batteries tidak punya “memory” effect yang ada di baterai NiMH.
Tips for new BlackBerrys and Batteries:

Berikut tips untuk baterai BlackBerry baru yang anda baru beli:

1. Pada saat anda pertama mendapatkan Blackberry Device baru, charge baterai secara penuh sampai full 100%. Tidak ada efek samping overcharging karena baterai BlackBerry tidak bisa di overcharge. Biasanya charging awal menggunakan waktu 2-4 jam dengan charger ori BlackBerry. Kadang, baterai baru dikotak bisa saja sudah tercharge 100%, jadi tidak usah tambah charge lagi.

2. Li-ion Batteri TIDAK perlu dilakukan “conditioning” seperti battery lama yang perlu di habiskan / kosongkan battery lalu di charge penuh selama 3 kali.

3. Jika anda adalah user baru BlackBerry jangan lupa karena anda menghabiskan banyak waktu mencoba dan setting BlackBerry anda maka mungkin saja menggunakan lebih banyak baterai dari normal.
Tips Charging Baterai Selanjutnya

1. Karena Li-ion baterai tidak perlu di tunggu sampai kosong untuk dicharge, anda bisa selalu charge baterai anda kapan saja.

2. Setelah setiap 30 charging, baru kosongkan battery anda ke sekitar level 10-15%, lalu charge penuh ke 100%. Hal ini dilakukan untuk maintain ketepatan battery meter. Ingat hal ini dilakukan hanya untuk ketepatan baterry meter level bukan untuk menjaga kerusakan baterai.

3. JANGAN pakai baterai sampai kosong atau ke level 10-20% SETIAP hari! Hal tersebut akan merusak baterai anda. Selalu charge baterai anda untuk menjaga dari kosong, walaupun 10-20 menit charge.

Untuk melihat kondisi batterai, bisa gunakan
Aplikasi MeterBerry Battery monitor
Tips Cara Jaga Baterai Lainnya

1. Gunakan baterai / BlackBerry anda di suhu ruangan standard yaitu -20C s/d +35C dengan humidity 65±20%

2. Selama pemakain baterai, jauhkan BlackBerry / baterai anda dari suhu tinggi / panas dan voltage tinggi

3. Menjaga baterai dari jatuh, lempar atau impact besar/tinggi

4. Gunakan baterai dengan charger yang cocok dan jangan charge lebih dari 24jam (walaupun charger BlackBerry akan otomatis berhenti charge pada saat full charge.

5. Jika anda tidak menggunakan baterai Li-ion anda, simpan baterai tersebut dengan charging power di sekitar 50% dan simpan di suhu ruangan standard dan kering. Suhu panas seperti di dalam mobil atau ruangan panas akan menghabiskan baterai level secara cepat dan charging di area suhu panas akan menggunakan waktu yang lebih lama.

6. Gunakan material non-conductive yang bukan besi/metal untuk bungkus baterai untuk menjaga dari kerusakan.
Informasi Ketahanan Baterai

1. Secara standard, baterai Li-ion punya kemampuan 300-500 kali charges, (sekitar tahan 2 tahun) tentunya juga sesuai pemakain anda. Baterai Li-ion biasanya tetap memberikan power yang tepat dan kemampuannya yang sama, jika sudah dekat kadaluarsa, akan tiba tiba berhenti daripada pelan pelan rusak.

2. Jika anda banyak menggunakan BlackBerry anda. Beli extra baterai sebagai cadangan biar baterai anda tidak sempat selalu kosong dan merusak baterai.

No comments:

Post a Comment